Kamis, 15 Maret 2012

Summary of Novel Heidi


Summary of Novel “Heidi”
Novel karya Johanna Spyri ini menceritakan tentang seorang gadis yatim piatu yang berumur 5 tahun, bernama Heidi. Ia tinggal bersama bibinya, Detie. Bibi Detie yang akan bekerja di kota Frankfurt terpaksa menitipkan Heidi ke kakeknya yang tinggal di Pegunungan Alpen. Orang-orang disana biasa memanggilnya dengan sebutan Paman Alp. Heidi mulai terbiasa tinggal dengan paman Alp, ia menyangkal anggapan orang bahwa Paman Alp seorang yang jahat, ternyata ia sangat perhatian dan sangat penyayang. Setiap hari ia selalu menyiapkan sarapan roti dan susu kambing untuk Heidi. Ia sangat bahagia tinggal di Pegunungan Alpen. Disana ia memiliki seorang teman, Peter. Seorang pengembala kambing. Ia seorang yang baik hati, selalu mengajak Heidi mengembala kambing. Peter memiliki nenek yang buta yang sangat menyayangi Heidi.
Dua bulan berlalu, Bibi Detie datang untuk mengajak Heidi pindah ke Frankfurt. Disana ada sebuah keluarga kaya yang memiliki seorang gadis yang lumpuh dan ia sangat membutuhkan teman. Bibi Detie berencana agar Heidi tinggal disana supaya ia bisa sekolah. Heidi pun tinggal dikeluarga tersebut. Tuan Sesemann menyambutnya baik, begitu pula dengan Clara. Gadis itu sangat bahagia memiliki teman. Mereka berdua begitu cepat menjadi sahabat akrab. Heidi selalu menceritakan keindahan Alpen kepada Clara, sehingga membuat Clara tertarik untuk berkunjung kesana. Kehidupan Heidi tidak selalu bahagia disana, ada Ibu Rottenmeier yang tidak menyukai kehadiran Heidi. Ia menganggap Heidi bodoh karena belum bisa membaca abjad. Nyonya Sesemann, nenek clara sangat baik pada Heidi dan mengajarkan Heidi membaca dengan memberikannya buku cerita tentang Pegunungan Alpen.
Hari demi hari telah berlalu, Heidi semakin rindu akan kehidupan di Alpen. Hingga ia tidak mau makan dan jatuh sakit. Ia sering berjalan ketika tertidur. Tuan Sesemann khawatir dengan keadaan Heidi hingga ia memutuskan untuk mengantarkan Heidi pulang ke Alpen. Clara pun kembali kesepian tidak ada lagi Heidi yang menemaninya. Sehingga ia jatuh sakit dan ingin bertemu Heidi. Lalu Tuan Sesemann mengabulkan keinginan Clara untuk mengunjungi Heidi di Pegunungan Alpen. Disana ia sangat bahagia bisa melihat indahnya alam Pegunungan Alpen. Karena Heidi selalu dengan Clara, Peter cemburu dengan persahabatan mereka. Akhirnya ia menjatuhkan kursi roda Clara dari atas tebing. Hal itu membuat Clara sedih, ia hanya berdiam diri di gubuk Paman Alp. Paman Alp mulai mengajarkan Clara untuk berjalan sedikit demi sedikit. Clara sangat kesakitan ketika menggerakkan kakinya. Peter yang menyadari kesalahannya meminta maaf pada Clara. Setiap hari ia membantu Clara untuk berjalan  bersama Heidi. Suatu keajaiban, Clara pun akhirnya mampu berjalan sendiri. Keluarga Sesemann sangat berterimakasih kepada semuanya, terutama Alpen yang memberi keajaiban untuk Clara. Di akhir cerita Heidi diadopsi oleh dokter classen, yang merawat dan mengantarkannya ke Alpen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About me

Followers